Tuesday, March 19, 2013

Kalau Ada Benjolan Di Tubuh, Segera Periksa Ke Dokter


MEDIA berperan penting dalam memberikan sosialisasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang penyakit kanker dan gejalanya.

“Peran media juga penting selain adanya program promosi kesehatan di Dinas Kesehatan bagian penyakit tidak menular untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan mengenai penyakit kanker kepada masyarakat,” kata dr Delyuzar SpPA, Senin (18/30), terkait masih adanya masyarakat yang belum mengetahui penyakit kanker dan gejalanya.

Dijelaskan dokter spesialis patologi dan anatomi ini, umumnya kanker itu dari adanya benjolan kecuali kanker darah. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan dengan mikroskop oleh ahli patologi dan anatomi. 

“Kalau untuk mengenalnya saja bisa diduga lewat pemeriksaan USG, MRI ataupun Rongen,” ujar Delyuzar.

Bagi yang merasakan adanya benjolan di tubuh, Delyuzar menyarankan agar datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan karean dokter sudah mengetahui prosedurnya. “Kalau ada benjolan, oleh dokter akan dirujuk ke bidang masing-masing,” imbuhnya.


Tetapi, tambahnya, tingkat pengetahuan masyarakat sederhana dan menganggap kaalu ada benjolan di tubuh itu merupakan hal yang biasa saja. 

“Sementara ahli patologi dan anatomi terbatas untuk memberitahukannya, maka media berperan memberikan informasi. Kalau dinas kesehatan melalui promosi kesehatan,” katanya lagi.

Di Sumut sendiri, menurut Delyuzar, kanker terbesar yang diderita wanita yaitu kanker leher rahim dan kanker payudara. Pada laki-laki kanker usus dan kanker kelenjar getah bening. 

“Penyebabnya secara umum karena faktor kelainan yang dibawa lahir atau kelainan hormon atau kerusakan DNA dan faktor eksternal dari pengaruh makanan, radiasi, zat-zat kimia tertentu,” sebutnya seraya menambahkan faktor lain dikarenakan vrus.

Untuk itu dirinya menyarankan agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat diantaranya seperti tidak merokok dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. “Hindari makanan atau minuman memakai zat pengawet mengandung pewarna dan lainnya,” pungkas Delyuzar. (sbr)

Bidvertiser