Wednesday, March 20, 2013

Ada Layanan KB Gratis Di PRSU Medan

Ada layanan KB Gratis di PRSU Medan
Stand BKKBN Sumut di PRSU Tapian Daya

BADAN Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Propinsi Sumatera Utara, memberikan layanan KB gratis di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 42 selama sebulan penuh, yang dimulai sejak 15 Maret 2013 lalu.

“Untuk mendapatkan layanan KB gratis, masyarakat dapat mengunjungi stand pameran BKKBN Sumut. Kegiatan itu juga merupakan tujuan Media Advokasi dan KIE tentang Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dan juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat,” ucap Kasubbid Anthony SSos, kepada wartawan, Rabu (19/3), di ruangannya.

Dijelaskan, pelaksanaan Advokasi dan KIE tentang Program Kependudukan dan KB misalnya dilakukan dengan melaksanakan Pemutaran Film KB ataupun Jingle KB yang dapat disaksikan atau didengar oleh masyarakat yang berkunjung ke PRSU.

Selain itu Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara juga mengadakan kegiatan Pelayanan KB secara gratis, seperti Pelayanan Kontrasepsi Suntik, Pil dan Kondom yang dilaksanakan setiap hari dan Pelayanan Kontrasepsi IUD dan Implant yang dilaksanakan hanya pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Selanjutnya, sambung Anthony, pelayanan KB tersebut dilaksanakan langsung di areal Stand BKKBN Sumut di PRSU dengan menghadirkan Mobil Unit Pelayanan KB beserta dokter atau bidan yang akan membantu proses pelayanan KB tersebut.

Selain Pemutaran Film dan Pelayanan KB, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara juga memberikan konseling kepada pengunjung Stand BKKBN Sumut seputar masalah Kesehatan Reproduksi, Penggunaan Alat Kontrasepsi yang tepat hingga masalah yang berhubungan dengan remaja, pungkas Ketua KONI Medan Labuhan tersebut.

Dalam arena PRSU itu, Anthony juga menyebutkan Perwakilan BKKBN Sumut menargetkan 500 akseptor KB.  Ia optimis target tersebut akan tercapai karena saat ini sudah ada sekitar 100 akseptor.
“Pelaksanaannya selama 30 hari, hitungan kasarnya  kalau setiap hari ada 20 akseptor maka ada 600 akseptor,” katanya. (sbr)

Bidvertiser