Monday, March 25, 2013

Buruh TKBM Belawan, Rentan Kena HIV/AIDS

Buruh TKBM Belawan, Rentan Kena HIV/AIDS
HIV/AIDS
SEHUBUNGAN dengan adanya program pencegahaan dan penanggulangan IMS dan HIV/AIDS, maka Human Health Organisation (H2O) Medan, SUM II Kota Medan, Lelaki Belawan Tangguh (LBT) bekersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan, Senin (25/3) jam 14.00 WIB, melakukan pertemuan Stakeholder di Belawan.

Program pencegahan dan penanggulangan IMS dan HIV/AIDS dihadiri berbagai pihak instansi pelabuhan Belawan diantaranya Otoritas Pelabuhan (OP) Belawan, Syahbandar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Medan, Koperasi TKBM Upaya Karya pelabuhan Belawan, Kepala Sektor I sampai IV, perwakilan mandor serta buruh TKBM Pelabuhan Belawan.

Direktur Human Health Organisation (H2O), Ardiansyah Sagala SPsi, menjelaskan, kenapa dilakukan penyuluhan HIV/AIDS dan pemeriksaan darah terhadap buruh TKBM dan ABK, karena mobilitasnya terhadap virus HIV/AIDS cukup tinggi. 

Justru itulah H2O, LBT bekersama dengan Klinik VCT Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan melakukan Penyuluhan HIV/AIDS dan Pemeriksaan darah yang telah dilaksanakan selama 2 hari pada 27-28 Februari 2013 lalu di Eks Mesjid Ujung Baru Belawan secara gratis dan program penyuluhan HIV/AIDS dan pemeriksaan darah mendapat sambutan baik dan antusias buruh TKBM untuk melakukan pemeriksaan darah.

Lanjut Ardiansyah Sagala sebagai orang nomor 1 di H2O, acara penyuluhan HIV/AIDS dan pemeriksaan darah terhadap buruh TKBM dan ABK mendapat dukungan dari bebagai pihak instansi pelabuhan Belawan dan ini akan dilakukan secara berkesinambungan.

"Rencananya pada 28 Maret 2013 mendatang H2O, LBT dan Klinik VCT Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan akan melaksanakan kegiatan serupa di Sektor I Gudang Garam Belawan," papar Ardiansyah Sagala sebagai orang nomor satu di H2O.

Kabid Upaya Kesehatan dan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan dr Ayanti MM mengatakan, hasil pemeriksaan darah terhadap buruh TKBM dan ABK pelabuhan Belawan disampaikan secara rahasia dan sasaran pemeriksaan yang dilakukan oleh Klinik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan adalah populasi resiko atau kelompok-kelompok yang beresiko.

Mulai dari pekerja yang memiliki mobilitas tinggi  seperti, ABK, Supir ataupun pelanggan WPS dan melakukan hubungan sex diluar nikah (tanpa menggunakan kondom), WPS, IDu's, PPS dan lain-lain. 

"Cara penularan HIV/AIDS bisa dari hubungan sex yang tidak aman seperti hetero sex, anal sex maupun oral sex dan pemakaian jarum suntik secara bergantian (pada pecandu narkotika, pembuatan tato dengan cara menggunakan jarum secara bergantian) dan bisa menularkan HIV/AIDS," ujar dr Hj Rayanti MM.

Sementara di tempat terpisah Rakhmad Kurnia P selaku Ka. Koordinator Klinik VCT (KKP) Kelas I Medan menjelaskan, bahwa Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan (KKP), saat ini 

memberikan pelayanan pemeriksaan darah dan konsultasi mengenai virus IMS, HIV/AIDS secara gratis di klinik VCT Kantor Kesehatan Pelabuhan di Belawan dan hasil pemeriksaan darah akan di sampaikan secara rahasia.

Staf H2O Vicy Simajuntak didampingi Dian Azhari Syam dan Junaidi menjelaskan bahwa AIDS yaitu kumpulan gejala yang ditimbulkan oleh virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia virus itu tersebut dinamakan HIV dan HIV menyerang sistem kekebalan tubuh (sel darah putih). 

"Hingga saat ini belum ditemukan vaksin pencegahan penularan HIV, orang yang terinfeksi HIV dapat menularkan kepada orang lain, walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat," jelas Vicy.

Dian Azhari Syam menambahkan, H2O dan LBT menghimbau buruh TKBM dan ABK Pelabuhan Belawan untuk menghadiri acara penyuluhan serta pemeriksaan darah yang akan dilaksanakan 28 Maret 2013 mendatang di Gudang Garam Belawan, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan virus HIV/AIDS.

"Untuk ingin lebih tau informasi tentang  virus HIV/AIDS silahkan berkunjung ke kantor Drop In Center (Pusat Informasi) H2O di Jalan Selebes Gang 16, Belawan II," himbau Dian.

Ketua Koperasi TKBM Upaya Karya pelabuhan Belawan, Pdt Tombang Hutabarat STh, saat di konfirmasi di ruang kerjanya menghimbau kepada seluruh buruh TKBM pelabuhan Belawan, agar menghadiri acara penyuluhan HIV/AIDS sekaligus melakukan pemeriksaan darah secara gratis yang akan dilaksanakan pada 28 Maret 2013. (sbr)




Bidvertiser